Oleh Faizatin Nafiah (1102413025)


Mahasiswa Kupu-Kupu
            Kupu-kupu yang dimaksud  tidaklah serangga (Insecta) mempunyai dua (Diptera) memiliki warna indah dan mengalami metamorfosis didalam hidupnya. Tetapi kupu-kupu disini adalah kepanjangan dari kuliah pulang kuliah pulang. Mahasiswa kupu-kupu adalah mahasiswa yang kegiatan sehari-harinya kuliah setelah itu langsung pulang. Jika ada kegiatan tambahan mungkin  ke  perpustakaan.Atau kegiatan yang di wajibkan untuk mengikuti.
             Mahasiswa golongan ini sulit untuk tentukan karena  sehari-harinya dihabiskan di rumah/kamar kos. Tetapi ada beberapa ciri-ciri  yang bisa dijadikan sebagai  indikator untuk mengenali mahasiswa jenis ini. Pada umumnya mahasiswa kupu-kupu memilik  Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi. Mahasiswa kupu-kupu juga mudah dikenali ketika dikampus. Yaitu mahasiswa yang frekuensi kuliahnya tinggi karena selalu mengambil 24 SKS. Akan tetapi mahasiswa jenis ini biasanya tidak berlama-lama berada di kampus, diperkirakan usia mereka dikampus antara 3,5-4 tahun.
Mahasiswa Kunang-Kunang
            Sama halnya dengan kupu-kupu diatas, kunang-kunang disini maksudnya kepanjangan  dari kegiatan mahasiswa yang sepulang dari kuliah langsung  nangkring atau nongkrong alias kongkow-kongkow. Tempat yang cocok bagi mahasiswa kuliah nangkring kuliah nagkring ini cukup beraneka ragam sesuai selera. Beberapa ada yang suka dengan suasana ramai dan tayangan visual dari layar televisi di rental playstation. Ada pula yang suka kongkow di kafe-kafe sambil eksis di dunia maya lewat  hotspot yang mulai banyak disediakan disetiap kafe. Bahkan ada pula yang cukup dengan duduk-duduk ditrotoar jalan sambil menghitung jumlah kendaraan yang lewat dijalan.
            Mahasiswa ini juga susah ditentukan jumlahnya secara pasti. Tapi dapat dikatakan jumlahnya paling banyak dibanding jenis-jenis mahasiswa yang lain. Mahasiswa ini relatif lebih mudah ditemui daripada mahasiswa kupu-kupu. Karena tempat nangkringnya yang banyak tersebar disekitar kampus, Seperti rental Playstation, kafe-kafe, dan trotoar  yang ramai ketika malam hari. Biasanya mahasiswa jenis ini memiliki IPK yang tidak terlalu tinggi dan tidak jarang rendah.
Mahasiswa Kura-Kura
 Yaitu golongan mahasiswa yang setelah keluar dari ruang kuliah mereka masuk ke ruang rapat sehingga dapat disebut sebagai mahasiswa kura-kura atau kuliah rapat kuliah rapat. Cara menemukan mahasiswa golongan ini tidak sulit. Jika dikampus ada kegiatan seperti diskusi publik atau seminar, mahasiswa jenis ini akan berada disitu. Entah sebagai peserta, panitia, moderator, atau bahkan pembicara. Tempat lain yang menjadi tempat mahasiswa jenis ini adalah sekretariat organisasinya. Baik sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa, sekretariat Badan Eksekutif Mahasiswa, sekretariat Himpunan Mahasiswa dan sekretariat organisasi mahasiswa lainnya. Jumlah mahasiswa jenis ini termasuk sedikit, dapat dikatakan hanya 10-15% dari jumlah mahasiswa aktif di setiap kampus. Tetapi usia mereka ketika berada dikampus cukup lama, antara 4-7 tahun. Bahkan ada pula yang sampai  9 tahun.
Mana yang Lebih Baik?
            Diantara ketiga jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Jika memilih mana yang lebih baik itu adalah sebuah dilematis.Jadi untuk menentukan mana yang lebih baik maka di kembalikan pada diri masing-masing.Termasuk golongan manakah diri kita?