KARAKTERISTIK REMAJA


kata kunci : Remaja, perilaku dan akhlaq

Remaja, enam huruf itu adalah suatu masa dimana seorang manusia itu, mencapai masa keindahan dalam semasa hidupnya , banyak orang yang beranggapan seperi itu. Namun jika di telusuri lebih dalam, masa remaja itu adalah sebuah masa dimana seseorang itu mencapai konflik terberat dalam hidupnya, bagaimana bisa?, ya memang bisa, karena  ini hanya sekedar pendapat yang mungkin sedikit agak berbeda dari lainnya. Alasannya , bisa saya deskripsikan sebagai berikut, remaja itu awal kita mulai mempertanggungjawabkan semua perbuatan kita yang semula itu orang tua kita yang menanggung semua perbuatan kita yakni pada usia sekitar 15 tahun keatas Nah, pada waktu itulah kita melakukan perbuatan-perbuatan yang terkadang melanggar norma-norma agama tentu saja tanpa kita sadari, terutama di agama islam, pada masa tersebut remaja mempunyai tingkat labilitas yang tinggi sehingga rasa ingin tahu dan pengalamannya selalu ingin ia peroleh dalam segala aspek, rasa inilah yang membuat remaja itu menjadi menyeleweng dari norma-norma yang di tentukan baik norma agama, norma sosial, budi pekerti dan akhlaq, selain itu juga pengaruh lingkungan dan keluarga juga sangat mendominasi. 

Remaja juga mempunyai tingkat emosi dan nafsu yang tinggi, berbagai kasus di Indonesia yang kerap kali terdengar adalah hamil pada usia sekolah, dimana sering terjadi pada waktu sekolah menengah atas, kejuruan, dan sederajatnya bahkan SMP pun juga tidak sedikit yang mengalami kasus yang serupa, dan saat di introgasi banyak yang menjawab dengan alasan suka sama suka, walaupun sebagian ada yang di paksa ,di bayar, di hipnotis dan lain sebagainya. Ini adalah bukti yang nyata bahwa remaja itu mempunyai tingkat nafsu dan emosi yang tinggi, mengenai hal ini di dalam kitab dan hadits perbandingan nafsu antara laki-laki dan perempuan adalah 1= 9 yakni 1 untuk laki-laki dan 9 untuk perempuan, jadi bisa disimpulkan bahwa penyebab dari  hamil pada usia sekolah itu karena perempuan itu sendiri yang mempunyai nafsu yang tak sebanding dengan laki-laki, logisnya seperti itu. Tapi jika ada anggapan lain yang mungkin berbeda silahkan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa masa remaja adalah bukan suatu masa yang paling indah, melainkan masa yang penuh cobaan dan penuh tantangan, mungkin karena kita itu tidak sadar akan hal itu, jadi kita hanya menikmati masa-masa remaja. Nah , cobalah mulai dari sekarang kita renungkan sendiri terutama jika anda masih dalam kategori remaja, apakah tindakan dan perilaku kita itu sudah benar dan sesuai ?, apakah akhlaq kita itu sudah terjaga? Dan pikirkan orang yang pernah kita sakiti, terutama orang tua kita, tanpa kita sadari kita telah banyak berbuat dosa kepada mereka. Dan pesan dari artikel ini adalah “jadilah remaja yang berfikir” artinya jika dalam melakukan sesuatu kita hendaknya lebih dulu berfikir, apakah sesuatu itu dapat memberi manfaat pada kita dan orang lain atau malah bahkan sebaliknya. Itu saja.

Oleh Hadi Maryono