Serba-serbi Gaya Hidup Remaja

oleh Rizky Ina Lestari


Gaya hidup atau sering di sebut sebagai life style sangat erat hubungannya dengan remaja. Life style atau gaya hidup tersebut selalu berkembang pada setiap tahunnya dan berubah pada setiap era yang ada. Menurut saya, semua gaya hidup pada berbagai macam zaman itu semua terlihat keren dan gaul apabila pada masanya. Para anak muda zaman sekarang beranggapan bahwa gaya hidup zaman dahulu itu tidak gaul dan tidak keren, mungkin apabila kita mundur ke era 80-an dan meminta komentar pada manusia yang hidup pada masa itu maka mereka akan berpendapat sama yaitu gaya hidup zaman sekarang itu aneh. Maka dari itu gaya hidup akan terlihat keren jika pada masanya.

Akan tetapi mari kita lihat perbedaan gaya hidup remaja zaman dahulu dan zaman sekarang, contohnya pada model pakaian. Masih ingatkah anda pada film Warkop yang di bintangi Dono, Kasino dan Indro. Pada film tersebut remaja yang gaul tetap memakai pakaian yang sopan seperti rok di bawah lutut dengan pakaian yang masih sopan, para pemeran anak sekolah pun memakai seragam ala murid Indonesia, dan pemeran anak kecil juga memiliki style anak kecil. Coba kita lihat perbandingannya dengan zaman sekarang, pakaian gaul yang di pakai rata-rata terbuka, bahkan pada sinetron remaja pun menggunakan pakaian sekolah ala-ala remaja korea, dimana rok yang mini dan berbagai macam atributnya. Adakah sekolah Indonesia yang benar-benar membuat peraturan seragam sekolah semacam itu? Belum lagi anak kecil sekarang yang sudah dewasa sebelum waktunya, membuat miris dan ironis, betapa indahnya masa lalu itu.
Mungkin kita sebagai remaja perlu mengikuti perkembangan zaman yang ada, mengikuti tren-tren yang sedang berkembang sebagai bentuk adaptasi dan eksistensi terhadap perkembangan zaman. Namun ingat, jangan kita telan semua itu secara mentah-mentah. Perlu adanya penyaringan dalam memilih sebuah life style. Pastikan gaya hidup tersebut cocok dengan kondisi kita dan pribadi kita, kita juga bisa menginovasi gaya hidup yang ada menjadi gaya hidup kita sendiri yang masih selaras dengan tren yang ada namun tetap membuat kita nyaman. Perkembangan model-model gaya hidup itu sangat pesat dengan berbagai hal yang mengekor, seperti fashion, pergaulan, cara berbicara dan lain sebagainya. Banyak remaja yang gila-gilaan mengikuti semua perkembangan hal tersebut agar di bilang up date, gaul, keren dan lain sebagainya. Itu semua sesungguhnya tergantung penilaian remaja itu sendiri, bagaimana dia melihat sebuah kata gaul dari sudut pandangnya. Itu pendapat saya tentang serba-serbi gaya hidup atau life style remaja yang ada. Sekian dan terimakasih.