Peran Remaja Dalam Masyarakat
Oleh Salamatus Sakdiyah

Peran remaja dalam masyarakat sangatlah penting. Remaja adalah masa yang harus kita lewati sebelum menjadi dewasa. menjadi dewasa berarti kita mempunyai lebih banyak kebebasan untuk mengatur apa yang kita inginkan dibandingkan saat kita masih kecil, dimana kita harus selalu mengikuti apa kata orang tua.
Meskipun begitu, kita tidak boleh lupa kalau kebebasan selalu muncul bersamaan dengan tanggung jawab. Dalam hal ini, menjaga nama baik keluarga, membantu keluarga, menjaga orang tua, menjaga keamanan lingkungan setempat adalah beberapa contoh dari tanggung jawab dan peran remaja dalam masyarakat. Maka dari itu, kita tidak boleh melakukan hal-hal buruk yang dapat merusak peran kita sebagai remaja.
            Sebagai bagian dari masyarakat, mau tidak mau kita harus membaur dengan masyarakat dan hidup berdampingan. Kita tidak boleh hidup semaunya sendiri. Dalam kehidupan bermasyarakat, ada beberapa aturan yang harus kita patuhi. Peraturan ini yang mungkin sering dirasa oleh para remaja membatasi kehidupan mereka. Tapi sesungguhnya peraturan itu bertujuan untuk menghidari konflik karena perbedaan kepentingan yang terjadi dimasyarakat. Oleh sebab itu, peran remaja dalam masyarakat juga dibutuhkan untuk menjaga perdamaian di lingkungan masyarakat.
            Untuk itu sebagai remaja, sikap peduli terhadap situasi dan kondisi yang menimpa masyarakat tempat kita tinggal bersama merupakan tugas dan panggilan yang harus kita lakukan. Sikap peduli itu harus kita tunjukkan dengan cara berpikir, cara bebicara dan cara bertindak yang baik. Jangan malah kita bersikap acuh dan tak peduli. Tunjukkan bahwa peran remaja juga sangat penting dalam masyarakat, yaitu sebagai agent of change (ujung tombak perubahan).