Oleh Siti Robingah Pujiati
Peran remaja memang sangat penting, apalagi remaja merupakan kelompok yang penuh potensi, betapa sejarah telah mencatat bahwa Negara ini telah disusun diatas jerih payah para remaja tempo dulu,
Pengembangan generasi penerus diarahkan untuk mempersiapkan kader-kader bangssa penerus perjuangan dengan memberikan bekal ketrampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti yang luhur.  Sehingga perlu  diciptakan kondisi yang sehat agar potensi para generasi muda dapat berkembang secara maksimal dan mereka dapat melakukan peran mereka secara bertanggung jawab. Betapa pentingnya peran remaja dalam pembangunan bangsa, sehingga remaja dituntut untuk mampu berperan dalam kehidupan sehari-hari, remaja sebagai makhluk sosial dimana mereka tidak pernah tidak berhubungan dan berinteraksi  dengan orang lain di sekitar mereka, yaitu keluarga, kerabat, kolega, tetangga, sekolah, dan masyarakat.
Dalam kehidupan sosialnya tersebut remaja mempunyai peranan yang sangat penting, peran menjaga nama baik keluarga, membantu orang tua, menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,  dan lain-lain. Karena remaja masih kedalam kelompok ABG labil, maka Sebagai makhluk sosial remaja di tuntut bisa menyesuaikan diri dimanapun mereka berada,  apalagi dengan berbagai macam pengaruh baik internal maupun eksternal, sehingga terkadang peran remaja menjadi tidak terlihat karena adanya pengaruh negative.
Sungguh disayangkan ketika remaja saat ini lebih berperan aktif dalam dunia maya ketimbang dunia nyata, Lebih suka nge Facebook, lebih suka aktif di mailing list, lebih suka di forum ketimbang duduk mufakat untuk kemajuan RT, RW, Kecamatan, Provinsi bahkan di tingkat lebih tinggi. Padahal tindakan nyata mereka sangat diharapkan masyarakat dalam membantu membantu menegakkan keadilan, Memang peran remaja saat ini terlihat menurun, kegiatan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar sedikit terganggu karena mereka lebih suka dengan dunia maya mereka, mungkin karena berkembangnya teknologi dan tren lingkungan sehingga remaja saat ini beranggapan bahwa mereka harus mengikuti tren yang ada, sehingga mereka lupa peran mereka sebagai kader bangsa.
Yang seharusnya kita lakukan saat ini adalah menata diri, menata lingkungan dan kemudian menata bangsa dan Negara.itu lah peran remaja yang sesungguhnya.