Oleh: Faizatin Nafiah (1102413025)
Ketika kita membahas pergaulan dikalangan mahasiswa , sudah tentu tidak akan terlepas dari perkembangan zaman yang kian maju. Seiring berkembangnya zaman  mahasiswa mudah terpengaruh  dari kebudayaan luar sehingga mereka mengikuti kebudayaan tersebut. Mereka tidak sadar bahwa mereka telah terpengaruh oleh kebudayaan luar tersebut. Pergaulan dikalangan mahasiswa adalah pergaulan yang tidak jarang menimbulkan perubahan dimasyarakat  karenakan mahasiswa adalah penerus bangsa  terdidik dan sering dijadikan contoh di masyarakat.
 Beberapa pengaruh positif dan negatif dari pergaulan dikalangan mahasiswa. Pengaruh positif dari pergaulan dikalangan mahasiswa yaitu mereka mudah mendapat informasi-informasi baru sehingga  mereka mudah  mengikuti perkembangan-perkembangan zaman yang semakin maju di era globalisasi. Dengan adanya pergaulan tersebut mereka bisa membentuk sebuah organisasi dikalangan mahasiswa demi perubahan-perubahan pada diri mereka sendiri dan negara kita.  Dengan organisasi tersebut mahasiswa bisa belajar untuk memutuskan sebuah masalah dan mengambil keputusan secara bermusyawarah demi mencapai kemufakatan  yang baik. Keuntungan dari organisasi tersebut mereka diajarkan untuk mengeluarkan pendapat dan belajar untuk bertanggung jawab atas semua yang dilakukan. Mereka juga dapat saling menutupi kekurangan diri mereka sendiri dengan saling membantu dalam setiap masalah. Dampak positif lainnya yaitu membiasakan diri untuk berinteraksi antara mahasiswa yang satu dengan yang lainnya sehingga tidak sulit untuk mereka apabila mereka berada ditengah-tengah masyarakat.
Dampak negatif yang ditimbulkan dari  pergaulan dikalangan mahasiswa yaitu mereka mudah sekali terpengaruh dengan hal-hal yang baru sehingga mereka mudah terjerumus  pergaulan-pergaulan yang tidak bertanggung jawab seperti halnya pergaulan bebas, narkotika, mabuk-mabukan dan berhubungan di luar nikah. Pada dasarnya mereka sadar bahwa hal tersebut adalah hal yang melanggar norma agama dan hukum yang berlaku. Namun mereka tidak perduli  karenakan mereka menganggap  yang dilakukannya itu tidak  salah menurut mereka.
Tetapi  semua itu kembali pada diri mereka sendiri akan mengambil manfaat pergaulan antar mahasiswa yang positif atau pun yang negatif. Karena mahasiswa adalah agent of change (agen perubahan) yang menentukan negara ini akan menjadi lebih baik atau lebih buruk di masa yang akan datang.