Mahasiswa berkarakter adalah mahasiswa yang mempunyai wawasan yang luas tentang kebangsaan dan biasanya langsung mengetahui dan peka terhadap masalah-masalah yang melanda negerinya. Setelah mengetahuinya masalah-masalah yang sedang melanda negerinya, dia berusaha untuk bisa memperbaikinya. Mahasiswa yang berkarakter itu harus memiliki sikap maupun perilaku yang baik, dan sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
            Mahasiswa berkarakter harus mempunyai wawasan yang luas dan dituntut untuk mengerti dan menyadari situasi lingkungan sekitar. Wawasan yang luas tidak hanya didapat pada saat perkuliahan melainkan pada saat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, serta dari media masa seperti televisi, radio dan majalah atau koran.
            Masa kuliah adalah masa dimana mahasiswa mendapat banyak waktu luang dan tinggal bagaimana mahasiswa tersebut menggunakan waktu luang tersebut untuk hal-hal berguna dan positif. Mahasiswa berkarakter harus bisa membagi waktu dengan baik, seperti membagi waktu untuk kuliah, refreshing, organisasi, hobi dan pacaran. Mahasiswa yang dapat membagi waktunya dengan baik pada suatu saat akan menjadi mahasiswa yang ideal dan berkarakter.
            Kampus merupakan tempat mahasiswa menuntut ilmu dan menyimpan berbagai cerita yang tidak terlupakan. Mahasiswa harus mengerti seluk beluk kampus, mulai dari dosen yang mengajar, fasilitas yang ada, ruang belajar, dengan seperti itu maka akan menjadi mahasiswa yang berkarakter.
            Seorang mahasiswa yang berkarakter harus mempunyai tiga sifat: pintar, rajin, dan aktif. Pintar maksudnya adalah mahasiswa harus dapat mengkondisikan dirinya dengan lingkungan sekitar. Rajin dalam arti kegiatan apa yang telah diambil, akan diikuti dengan sepenuh hati. Aktif berarti ikut turut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh fakultas atau universitas.
            Pintar dalam berdiskusi salah satu agar dapat menjadi mahasiswa berkarakter. Mahasiswa yang berkarakter harus mempunyai sifat kritis, sifat kritis dalam berdiskusi inilah yang bermanfaat dalam masyarakat dan di dunia kerja nanti. Kemampuan berdiskusi yang baik dalam masa kuliah akan bermanfaat pada saat menyampaikan pendapat pada sebuah forum, sehingga tercapailah mahasiswa yang berkarakter
            Untuk menjadi pemimpin yang baik untuk negri ini, harus memiliki beberapa karakter. Beretika, berwawasan luas, bertanggung jawab, pintar, rajin, dan aktif serta memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama. Karakter-karakter tersebut yang akan membantu menjadi pemimpin yang baik di negri ini bagi para mahasiswa-mahasiwa berkarakter.