Bagaimana Pergaulan Remaja yang Semestinya ?
oleh siti Robingh p

Pergaulan remaja  identik dengan tempat dan keadaan dimana mereka merasa nyaman berada di lingkungan tersebut, dan jika di lakukan secara continue dapat membentuk kepribadian yang berbeda dari masing-masing individu. Tergantung dimana individu terrsebut bergaul.
Pergaulan remaja merupakan kebutuhan yang harus di penuhi oleh setiap individu, serta sangat mempengaruhi mindset dan  action moral seseorang, mengapa demikian ? karena sesuai dengan pengamatan yang dilakukan oleh penulis, bahwa, ketika kita bergaul dengan dan dilingkungan orang yang boros misalnya, maka kita pun akan hanyut terhadap kebiasaan mereka yang hura-hura, sebaliknya jika kita berada di lingkungan yang religious, maka kepribadian kitapun akan menyesuaikan dengan individu-individu yang demikian, lantas bagaimana pergaulan remaja yang sebenarnya  ?
Dilihat dari perspektif metafisis pergaulan remaja merupakan penyebab terbentuknya jati diri seseorang, Sebagai remaja yang masih dalam proses pencarian jati diri,kita sepertinya harus menemukan sebuah lingkungan yang kiranya kita nyaman berada di dalamnya, namun saya rasa, nyaman saja tidak cukup untuk menjadikan kita pribadi yang  positif, kita masih perlu mencari seseorang lebih tepatnya sekumpulan orang  yang bisa membawa kita kearah yang lebih baik, yang bisa dijadikan refleksi untuk melangkah kedepan dan menjadikan masa remaja kita lebih bermakna.
Pergaulan remaja saat ini kebanyakan sudah tidak lagi memperhatikan seberapa besar pengaruhnya bagi kita, kita lebih ingin merasa bebas memilih pergaulan tanpa berpikir tentang dampaknya suatu saat. Entah mayoritas atau minoritas, seseorang akan lebih senang jika dipuji tentang kelebihan yang ada dalam dirinya, namun cenderung tidak terima jika di kritik kekuranganya, mungkin hal yang seperti itulah yang membuat kita, para remaja sulit untuk menemukan tempat yang benar-benar membawa kita kearah yang positif.
Sesungguhnya saya bingung, kenapa sekarang jika kita membicarakan pergaulan remaja, pikiran kita cenderung mengarah ke hal-hal yang negatif, seks bebas contohnya (pergaulan remaja)
Entahlah.