Pola Gaya Hidup Remaja
Oleh Arista Kusuma Dewi



Pola gaya hidup remaja saat ini selalu mengikuti perkembangan zaman. Gaya hidup ini meliputi  gaya berpakaian, potongan rambut, cara berdandan, perilaku, dan lainnya. Hal ini terjadi karena remaja yang paling responsif terhadap perubahan dan paling mudah beradaptasi dengan segala perubahan-perubahan yang terjadi. Perubahan ini di pengaruhi oleh:
1.      Adopsi Gaya dari Barat
Remaja meniru trend yang sedang populer seperti fashion, gaya bicara, dan lainnya yang berkembang melalui media massa. Trend tersebut begitu bebas dan mampu mempengaruhi pemirsanya. Pengemasan yang menarik dan gaya yang unik mampu membius mata remaja yang ingin tampil beda dari yang lainnya.
2.      Perpindahan Penduduk
Misalnya ketika seseorang pindah dari kota ke desa. Ia pasti akan membawa kebiasaanya di tempat barunya. Kebiasaan yang berupa cara berpakaian, gaya bahasa dan lainnya itu akan ditiru oleh remaja sekitar.
Gaya hidup remaja ini bukan hanya sekedar ekspresi diri tapi juga sebagai tanda bahwa mereka berbeda dari anak-anak, orang tua, bahkan teman sebaya mereka sendiri. Mereka selalu ingin tampil menarik, dinamis, unik, terlihat sempurna dan berbeda di mata semua orang.
Pola gaya hidup remaja juga selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Selain mengikuti trend yang berubah terkadang mereka juga menciptakan trend tersendiri. Dengan kreativitas yang mereka miliki mereka bisa mengembangkannya menjadi sebuah karya baru.