Oleh : Muhamad Yahya

      Perkembangan teknologi yang semakin canggih tanpa dibarengi dengan penangkal lebih dini untuk mengimbangi masuknya teknologi moderm di negara kita membuat anak jaman sekarang cenderung mengarah ke perilaku menyimpang bersisi negatif di banding positifnya. Kalau diperbandingkan dengan anak jaman dulu sudah jelas rentan perbedaannya. Inilah tren anak muda jaman sekarang.
       
          BlackBerry. Anak muda jaman sekarang pasti punya blackberry, biar dikata gaul, kalo tidak pake BB dikira ketinggalan  jaman, padahal BB ditujukan untuk pebisnis, inilah potret anak muda jaman sekarang. Iphone, selain itu Iphone juga menjadi icon anak muda sekarang, hamper sama dengan Blackberry, punya Iphone biar dikira keren dan kaya, padahal Iphone hanya untuk pebisnis. Ipad Siapa yang tidak tau dengan gadget yang satu ini, gadget yang satu ini merupakan Tablet PC yang mempunyai layar seperti notebook, tapi kelebihannya, gadget ini mudah untuk dibawa kemana-mana, tapi sayang kaum remaaj malah menggunakannya untuk foto-foto saja dan maenan game. Sebenarnya Gadget ini digunakan oleh para pembisnis untuk presentase pada saat meeting bersama client. Kamera SLR, iya kamera SLR yang lensanya bias diputer puter, harganya cukup mahal, yaitu sekitar 4-7 juta. Nah, bagi anak muda kamera ini tidak ada gunanya, malahan buang buang uang orang tua, lagi-lagi masalah tren, tidak punya kamera tidak keren.


Jadi, anak jaman sekarang cuma membeli barang-barang tersebut hanya untuk mejeng, kerjaannya cuma bisa kasih habis duit orang tua, beli barang yang berguna aja, jadi bermaanfaat dan tidak menyusahkan orang tua.                                                           

Jaman dulu teknologi tak secanggih saat ini, serta pembangunan perumahan diperkotaan tidak sebanyak sekarang. Hal ini menyebabkan anak muda saat ini menjadi lebih asyik bermain games digital dibandingkan bermain bersama temannya dipekarangan yang luas. Namun demikian teknologi pula lah yang setidaknya membuat anak muda di daerah saat ini semakin jarang bermain permainan daerah yang semestinya tetap terjaga.Dan masih banyak lagi perbedaan mencolok dari kelakuan anak jaman sekarang dengan anak jaman dulu. Poin-poin diatas sudah cukup menggambarkan 'warna-warni' gaya hidup anak remaja dari jaman dulu sampai sekarang. Semoga anak-anak Indonesia lebih baik lagi ke depannya mencermati segara arus kemajuan teknologi modern untuk masa depannya kelak.