Oleh Muhammad Firdaus Immas

          Disaat anda mengalami masa etika remaja, sudah tidak kaget untuk melepaskan ketergantungan pada orang tua, sehingga pada masa etika remaja harus berusaha mencapai kemandirinya dan dapat diakuinya dengan masyarakat sekitar sebagai orang dewasa. Di zaman sekarang para etika remaja itu sudah mulai rusak dan miris untuk dilihat.
            Pergaulan remajapun memiiliki etika remaja yang baik. Seperti halnya hak dan kewajiban yang harus kita lakukan sebagai makhluk sosial, tertib dan disiplin juga masuk pada prinsip etika remaja yang baik dengan melakukan setiap aktifitas yang harus pintar-pintar membagi waktu dengan beberapa cara yang menurutku ampuh seperti halnya membuat catatan kecil maupun diary itu membuat diri kita belajar untuk memanajemen diri kita sendiri yang baik. Sopanpun juga masuk dalam etika remaja pergaulan etika remaja yang baik, senantiasa pula sopan santun kepada teman sebaya apalagi orang tua dan siapapun dimanapun kapanpun. Kesederhanaan orang juga menjadikan etika remaja tersebut memiliki etika remaja yang baik, ditambah lagi dengan remaja tersebut memiliki sifat seperti jujur dan adil.
            Pergaulan etika remaja juga memiliki faktor yang negatif akibat dari pergaulan yang salah bergaul dengan teman sebayanya. Sebagian besar etika remaja yang nakal itu dipengaruhi oleh ikut-ikutan temannya ataupun dipaksa temannya yang padahal etika remaja tersebut tidak ingin menikmati kehancuran remaja yang terjadi pada dirinya. Faktor lainnya yang menyebabkan pergaulan etika remaja yang rusak adalah terjadi pada remaja yang memiliki orang tua yang broken home, mungkin itu bisa menjadikan etika remaja tersebut menjadi tidak memiliki tujuan untuk hidup dan pada akhirnya pun terjun pada lingkungan yang salah dan bisa-bisa terjerumus pada narkoba. Dan ada juga orang tua yang membebaskan anak-anaknya untuk bermain kepada siapa saja, karena orang tuanya terlalu memberi kebebasan kepada anaknya, akhirnya remaja tersebut sampai-sampai tidak pernah tidur rumah seperti anak liar yang suka balapan, mabok-mabok.
            Saya juga memiliki pencegahan bagi para remaja agar memiliki etika remaja yang baik. Seperti halnya saling menyadarkan antara temanmu sendiri yang suka mabok-mabokan dan perobatan terlarang lain. Jangan juga berprasangka buruk kepada temanmu dahulu kalau memang remaja tersebut belum jelas melakukan hal yang terjadi seperti pada etika remaja kosan yang tidak memiliki sifat yang saling memahami perbedaan, seharusnya jika kita hidup di suatu kost, ya itulah rumah keduamu, dan harus menerima perbedaan antara kamar sebelah dan apapun yang terjadi harus kamu lakukan dan menjadi etika remaja yang baik.