Pergaulan Remaja Masa Kini
Oleh Salamatus Sakdiyah

Banyak yang bilang pergaulan remaja saat ini berbeda jauh dari pergaulan remaja masa dulu. Pergaulan remaja masa kini banyak didominasi oleh kebudayaan barat. Seperti yang kita ketahui budaya barat adalah budaya yang bersifat bebas, yang tidak mengatur pergaulan antara remaja yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu para remaja sekarang dituntut untuk lebih jeli dalam memilih dan menentukan budaya mana yang baik dan patut dicontoh dalam pergaulan remaja sehari-hari.
Apalagi masa remaja adalah masa menuju proses kedewasaan dan masa dimana seorang sudah mulai mencari jati dirinya. Saat menuju proses pendewasaan dan proses pencarian jati diri inilah remaja banyak menemukan hal baru baik positif maupun negatif. Oleh karena itu dalam pergaulan remaja masa kini seorang remaja harus bisa menghindari hal-hal negatif agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak bermanfaat.
Tetapi tidak dipungkiri bahwa dalam pergaulan remaja-remaja masa kini banyak yang sudah terjerumus ke hal-hal yang tidak baik, seperti free sex, narkoba, minum-minuman keras dan lain-lain. Remaja-remaja yang sudah terjerumus ke dalam hal-hal tersebut akan susah untuk disembuhkan. Tetapi dalam pergaulan kita tidak harus menjauhinya justru kita harus membantu dan memotivasi mereka untuk terlepas dari hal-hal yang tidak baik itu.
Adapun beberapa cara bergaul yang baik agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak bermanfaat adalah dengan cara memanfaatkan waktu luang dengan hal yang positif, memahami etika bergaul, lebih mendekatkan diri kepada Allah dan orang tua serta berusaha untuk bergaul dilingkungan yang baik. Dengan pergaulan remaja yang demikian diharapkan kita dapat menjadi remaja yang baik dan tidak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak bermanfaat.