oleh Mukhammad Nurul Huda 1102413036

Bisa kita lihat pada jaman sekarang banyak sekali remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas. Memang betul pergaulan itu sangat penting bagi remaja agar mereka bisa mengikuti perkembangan dan tren masa kini, akan tetapi remaja di Indonesia pada saat ini tidak bisa memilah ataupun menyeleksi mana pergaulan yang bagus buat dirinya maupun yang berdampak buruk bagi dirinya.
Kita ambil saja contoh banyak dikalangan remaja perempuan yang mengalami hamil di luar nikah sebelum mereka menyelesaikan sekolah mereka. Mungkin itu semua terjadi karena pergaulan mereka yang terlalu bebas dan tidak dalam pengawasan orang tua yang baik. Berawal dari melihat ataupun menonton gambar dan film-film yang tidak senonoh alias film orang-orang dewasa biasa disingkat (BF) Blue Film, kemudian mereka penasaran dan kemudian mereka ingin mencobanya. Karena di usia yang masih remaja itu sifat ingin tahu mereka sangatlah tinggi sehingga mereka akan mencoba sesuatu apabila mereka penasaran.
Merokok juga tak luput dari aktifitas pergaulan para remaja pada saat ini. Terutama para pelajar yang masih duduk di bangku mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Keatas maupun Kejuruan. Mereka merasa seolah sudah di anggap gaul apabila sudah merokok. Kerena menurut pandangan mereka ketika seseorang merokok itu kelihatan sangar, maco dan ditakuti oleh teman sebaya yang tidak merokok. Inilah faktor-faktor yang menyebabkan aktifitas merokok yang terjadi pada remaja.
Dan seharusnya orang tua lah yang ikut berperan penting untuk mengawasi anak-anak mereka supaya tidak terjerumus kedalan pergaulan yang berdampak buruk bagi anak-anak mereka. Orang tua diharapkan ikut mengarahkan dan memberi masukan kepada anak-anaknya apalagi yang menginjak usia remaja agar bergaul kepada orang-orang yang bisa memberi dampak positif bagi mereka, terlebih lagi mereka bergaul untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Contohnya saja apabila si remaja tersebut mempunya bakat di bidang musik beri arahan kepada si remaja agar bergaul kepada anak-anak sesama pecinta seni musik.