oleh Sadoso Tri Hatmoko
Remaja merupakan dimana masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Dalam masa remaja adalah tempat dimana rasa keingin tahuan yang tinggi dan rasa ingin mencoba. Dalam remaja sering terjadi kesalahan pergaulan, tergantung dengan dengan siapa berteman. Lingkungan bermain sangatlah penting dalam membentuk kepribadian remaja, selain lingkungan bermain tidak kalah penting pula lingkungan keluarga, keluarga harus bisa mengawasi pergaulan anak agar tidak salah dalam bergaul.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang kewajiban seorang remaja.
Kewajiban remaja semestinya yaitu sekolah, belajar dan membantu orang tua. Namun pergaulan merubah kewajiban mereka, yang seharusnya sekolah justru membolos, yang seharusnya belajar malah bermain dan yang seharusnya membantu orang tua malah membohongi dan memabangkang. Masa remaja sudah pernah saya alami, menjadi anak yang ingin dibilang paling keren ingin dibilang paling berani dan yang lain. Kenapa demikian ? karena mereka ingin diperhatikan dari apa yang merka lakukan. Kurangnya perhatian dari keluarga membuat mereka melakukan itu,

Kenakalan remaja sangatlah banyak dari yang remaja terjerat narkoba, seks bebas, minum-minuman keras,dll. Remaja yang nakal merupakan remaja yang ingin dirinya itu di lihat dan di perhatikan oleh orang lain, karena kebnyakan kenakalan tersebut dimotifi dari rasa kecemburuan sosial, atu rasa iri pada teman yang lain. Misalnya karena ada masalah keluarga sehingga tidak mendapat perhatian sepenuhnya oleh orang tuanya sehingga di duniua luar rumah sering membuat keonaran. Contoh yang lain yaitu ingin mendapat perhatian misalnya, ingin disegani karena berani membolos, menjadi pribadi perokok dan mabuk-mabukan. Tapi sebenarnya semua hal itu salah. Seharusnya meraka jika ingin diperhatikan ukirlah prestasi bukan dengan menjadi anak yang nakal. Tapi mungkin pemikiran remaja masihlah sempit, yang dipikirkan cuma hanya bermain bergaul belum memikirkan akan jadi apa besok mereka. Tapi sesungguhnya masa paling indah itu adalah masa remaja, mengapa demikian ? karena dalam masa remaja terjadi kebebasandan tidak menyangkut suatu hal apapun, masa remaja sangat mudah untuk diarahkan. Jika proses pengarahannya baik, maka akan menjadi remaja dengan pribadi yang baik dan sebaliknya, jika pengarahannya tidak baik maka akan menjadi remaja yang berkepribadian buruk.