Oleh : Muhamad Yahya


Peran mahasiswa sangatlah berpengaruh dalam masyarakat, terutama kontrol sosial. Disaat pemerintah mengalami keganjilan, bahkan buka hanya pemerintah, masyarakat juga mengalami keganjilan mahasiswa dapat berfungsi untuk memperbaiki keganjilan nilai dan norma, selain itu mahasiswa harus menjaga nilai dan norma tersebut.

Dinegara kita ini, masyarakat khususnya masyarakat tingkat menengah kebawah sangat merasakan bahwa pemerintah hanya memikirkan dirinya sendiri. Banyak diantara mereka hanya mengumbar janji didalam kampanye. Hukum pun bisa dengan mudah dibeli dengan uang. Korupsi sudah sangat memprihatinkan dinegara ini. Terlebih biaya pendidikan yang teramat sangat mahal. Tentu hal ini tidak dirasakan bagi mereka yang berduit dan berkantong tebal. Akan tetapi orang seperti kita ini yang notabennya masyarakat golongan menengah kebawah sangat amat sangat merasakannya. Inilah mengapa kita sebagai mahasiswa harus bertindak serta berperan aktif dengan ilmu dan kemampuan yang kita miliki.

Selain itu kita sebagai mahasiswa harus menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang peduli terhadap masyarakat lain. Hal ini dapat diwujudkan ketika pemerintah memberikan kebijakan yang dirasa sangat merugikan rakyat. Akan tetapi wujud tingkah laku tidak hanya dengan demo atau turun kejalan saja. Melainkan dari pemikiran, diskusi atau debat dan yang lainnya. Kepedulian juga bisa ditunjukkan dengan cara memberi bantuan moril dan materil kepada rakyat yang membutuhkan.

Kita sebagai mahasiswa sebaiknya harus selalu berfikir positif atas semua yang terjadi dipemerintahan kita. Jangan biarkan pemikiran masyarakat bahwa mahasiswa hanya bisannya cuma demo saja. Akan tetapi juga memberikan solusi dan hasil yang seharusnya dapat memberikan dampak yang baik bagi Bangsa Indonesia.

Selain itu mahasiswa harus juga memiliki ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama atau kepentingan masyarakat luas. Kadang mahasiswa sering menunjukkan sifat sifat yang yang selalu mementingkan diri sendiri. Padahal mahasiswa itu adalah generasi calon penerus bangsa yang berjiwa sosial dan dapat membanggakan negara kita dimata internasional sesuai dengan tujuan Universitas Negeri Semarang :
1.      Menghasilkan tenaga akademik, profesi, dan vokasi yang memiliki kompetensi unggul.
2.      Menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olah raga yang bermakna dan bermanfaat.
3.      Menghasilkan kebudayaan dan peradaban bangsa yang berlandaskan nilai-nilai konservasi