Pergaulan remaja sekarang memang sudah menggila, sudah melampaui batas kewajaran yang ada. Sebuah kalimat yang pernah saya dengar dari teman saya yaitu “dunia sudah gila, hanya terdapat dua pilihan, anda menjadi gila atau anda di paksa untuk menjadi gila.” Begitu pula kehidupan para remaja-remaja saat ini seakan tak memiliki arah lagi, kebebasan menjadi tuntutan yang paling utama. Dengan kebebasan yang mereka pergunakan seenaknya, remaja merasa hidupnya menjadi seakan lebih hidup , padahal hidup mereka semakin mati dan tak berguna dengan kebebasan yang tak berarah tersebut.  Saya merasa sedikit terkejut saat mencari materi di internet tentang pergaulan sehat remaja saat ini. Benarkah tidak ada lagi pergaulan remaja yang sehat pada saat ini sehingga sebagian besar berita yang terdapat di internet hanya mampu menceritakan pergaulan buruk para remaja saja? Saya rasa memang demikian.
Remaja memang masih memiliki emosi yang labil dan sangat di butuhkan bimbingan dari pihak yang lebih dewasa untuk membimbingnya. Pergaulan remaja yang bebas memang sudah mencadi candu dan merebak kemana-mana. Narkoba, seks bebas dan semacamnya seakan menjadi trend untuk pergaulan saat ini, bagi remaja yang tidak mengerti hal tersebut seakan di anggap cupu, gak gaul, kuper, kudet(kurang update) dsb. Akan tetapi tak semua pergaulan remaja tersebut buruk, masih terdapat pergaulan sehat remaja yang masih bisa di jadikan tauladan.
Terdapat beberapa tips yang dapat saya berikan bagi para remaja yang ingin tetap hidup sehat dan gaul tanpa narkoba:
1. Dekatkanlah diri kepada Tuhan
Menurut saya bagi semua orang yang beragama, mendekatkan diri kepada Tuhan akan lebih menenangkan hati kita. Banyak remaja yang remaja terjerumus kedalam pergaulan remaja yang bebas demi menemukan ketenangan dari berbagai masalah yang di hadapi. Bagi saya orang beragama Islam, sholat itu lebih menenangkan lebih dari pada narkoba, dapat meringankan sakit yang ada lebih dari pada morfin dan lebih membuat hati gembira dari pada hanya dugem di diskotik saja.
2. Melakukan Aktifitas Yang Bermanfaat
Bagi remaja yang kurang sehat pergaulannya, menghabiskan waktu hidupnya hanya untuk aktifitas yang kurang berguna, foya-foya, nongkrong yang tidak jelas, tiduran, dll. Menurut saya melakukan hal- hal yang berhubungan dengan komunitas atau organisasi kemanusiaan lebih mengasyikkan dan terlihat keren. Sebagai contoh melakukan aksi touring sepeda motor sambil membagikan bantuan bagi gelandangan dan pengemis, atau melakukan baktisosial. Mengikuti kegiatan komunitas-komunitas yang sedang trend dan pergaulan remaja lainnya tapi tetap mengikuti norma yang ada.
3. Menutup Mata, Telinga, Mulut Dan Hati
Menutup mata, telinga mulut dan hati di sini bermaksud untuk menutupnya dari hal-hal yang tidak bermanfaat. Tak perlu mendengar dan menanggapi hal-hal yang jelas-jelas hanya akan membahayakan kita. Semua remaja pasti memiliki hasrat untuk mencoba hal-hal baru akan tetapi para remaja harus mampu menahan hasrat tersebut dengan melakukan dua poin yang di sebutkan diatas. Jika perlu minta pendapat kepada orang yang lebih dewasa tentang masalah pergaulan remaja yang kita hadapi.
Ketiga hal tersebut adalah beberapa tips dari saya untuk tetap menjadi remaja gaul tanpa narkoba, seks bebas dan lain sebagainya. Pergaulan bebas memang boleh merong-rong dunia tapi kita remaja Indonesia harus mampu bangkit dan memperbaikinya. Dukungan semua aspek di perlukan untuk memperbaiki pergaulan remaja yang bebas di negeri ini. Sekian dari saya terimakasih.