Oleh Winda Falah Setianing Arum
Teknologi Pendidikan UNNES


Kedudukan mahasiswa di masyrakat adalah sebagai rakyat biasa. Namun, keberadaan mahasiswa memiliki keistimewaan dan tersendiri karena mahasiswa merupakan kaum terpelajar yang memiliki kelebihan dalam hal intelektual. Mahasiswa sebagai generasi muda berperan sebagai penerus bangsa sekaligus penentu bangsa menuju kemajuan.
Sebagai generasi penerus masa depan, Peran mahasiswa bagi bangsa dan negeri ini bukan hanya duduk di depan meja dan mendengarkan dosen berbicara, akan tetapi mahasiswa juga mempunyai berbagai perannya dalam melaksanakan perubahan untuk bangsa Indonesia, peran tersebut adalah sebagai generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan pada suatu kaum, sebagai generasi pengganti yang menggantikan kaum yang sudah rusak moral dan perilakunya, dan juga sebagai generasi pembaharu yang memperbaiki serta memperbaharui kerusakan dan penyimpangan negatif yang ada pada suatu kaum.
Mahasiswa merupakan sosok yang berperan di dalam masyarakat, mahasiswa harus memiliki potensi. Peran mahasiswa seperti potensi akademis yang dimiliki mahasiswa. Potensi akademis adalah jalan perbaikan bangsa di masa depan. Potensi-potensi mahasiswa merupakan sebuah tanggung jawab sendiri yang harus direalisasikan dalam bentuk peran aktif di masyarakat.
Contohnya saja, mahasiswa kesehatan masyarakat dapat merealisasikan potensi akademis yang dimiliki melalui penyuluhan-penyuluhan tentang pentingnya kesehatan dalam diri individu serta di lingkungan disekitarnya.
Kita sebagai mahasiswa mulai sekarang atau sedini mungkin harus sadar akan kebutuhan bangsa terhadap pembaharu. Karena mahasiswa merupakan kaum muda yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi, maka pembaharu di bangsa kita adalah kita mahasiswa.