MARAKNYA PERGAULAN BEBAS BAGI PELAJAR
Oleh Danang Priyanto


Pengertian Pergaulan Bebas
Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Pergaulan bisa juga di bilang berhubungan intim dengan lawan jenis dengan tanpa hubungan ikatan suami istri, jadi dapat di katakan bahwa pergaulan bebas merupakan tindakan kriminal dan termasuk melanggar peraturan-peraturan yang ada. Pergaulan bebes juga termasuk larangan dalam norma agama, norma sosial, dan norma budaya. Pergaulan bebas bisa terjadi karena kurangnya iman sesorang, dan salah dalam memilih teman bergaul. Jaman sekarang kata-kata pergaulan bebas sudah menjadi hal yang biasa di kalangan remaja atau pelajar. Bahkan dari mereka dengan bangga mengatakan bahwa saya sudah pernah melakukan seks bebas dengan banyak orang, betapa rusaknya kehidupan yang kita jalani sekarang ini.

Di Indonesia ini sudah lebih dari 50% ramaja atau pelajarnya di kalangan SMP, SMA/SMK, dan MAHASISWA sudah pernah melakukan apa itu yang di namakan dengan seks bebas. Seks bebas biasanya bisa di mulai dengan hal-hal yang sederhana, misalnya pertama di mulai dari SMSan, kemudian telfon-telfonan, habis itu ketemuan, pertama ketemu cuman biasa-biasa saja, kemudian lama-kelamaan pegang-pegangan tangan, kemudian cium-ciuman, sesering mereka melakukan hal-hal seperti itu maka fikiran mereka pun semakin bertambah ke hal-hal yang negative lagi. Kemudian seks bebas pun bisa terjadi dan kemungkinan memang mungkin terjadi. Itu mungkin serentetan hal-hal yang kemungkinan besar merupakan langkah awal menuju pergaulan yang bisa menjerumus ke seks bebas.

Langkah Meminimalkan Pergaulan Bebas
seharusnya kita sebagai pemuda islam yang berpendidikan haruslah mengetahui dampak dan akibat dari pergaulan bebas tadi. Sehingga kita tidak akan terjerumus dalam tindakan yang dilarangan oleh agama islam.
Pergaulan bebas dalam kehidupan bermasyarakat memang bukan hal yang asing lagi karena setiap hari para remaja sudah melakukan hal tersebut. Untuk mencegah hal itu maka haruslah ditanamkan pengetahuan tentang bahayanya pergaulan bebas karena dampak dari pergaulan bebas ini akan dirasakan oleh berbagai macam pihak seperti keluarga, masyarakat dan yang lebih menyesali atas tindakannya tersebut adalah dirinya sendiri.
Untuk menumbuhkan kesadaran akan bahayanya pergaulan bebas maka para remaja haruslah diberikan pendidikan mengenai dampak pergaulan bebas dan memberikan pendidikan kerokhanian agar mereka sadar tentang apa yang saat ini sedang terjadi.