Peran Mahasiswa dalam Pembangunan
Oleh Arista Kusuma Dewi


Mahasiswa. Sesuatu yang menyangkut mahasiswa sangat asyik untuk dibicarakan. Termasuk peran mahasiswa dalam pembangunan. Ya, mahasiswa dan perannya dalam hal yang satu ini memang masih menjadi dilema bagi masyarakat. Ditengah masa-masa sulit ini, muncul berita yang tidak sedap tentang mahasiswa. Misalnya saja adanya kasus kekerasan saat ospek. Banyak yang menilai bahwa mahasiswa sekarang akrab dengan kekerasan. Mahasiswa hanya mengandalkan emosinya bukan pikirannya. Lalu dimana ilmu yang mereka peroleh? Bukankah mereka belajar untuk menjadi sosok yang akan membangun bangsa dan negara ini? Hal inilah yang membuat masyarakat agak goyah bila menaruh harapan pada pemuda sekarang.
Tapi, mahasiswa saat ini tidak seburuk itu. Banyak dari mereka masih berjuang dalam pembangunan bangsa dan negara ini. Peran mahasiswa dalam pembangunan ini dimulai ketika mereka menyandang status kemahasiswaan mereka. Lalu kembali pada masyarakat dan dengan ilmu yang mereka peroleh di Perguruan Tinggi, mereka mampu menerapkannya dalam upaya pembangunan baik untuk daerah masing-masing maupun nasional.
Lalu bagaimana peran mahasiswa dalam pembangunan? Peran mahasiswa dalam pembangunan tercermin dalam apa yang ia lakukan. Seperti kritis dan kreatif dalam berfikir dan memecahkan masalah. Mereka menjadi sangat risau dengan segala permasalahan yang timbul. Permasalahan tersebut seperti ketidak adilan, selalu menginginkan penegakan hukum dan kembalinya norma-norma yang perlahan luntur, dan lain-lain. Lalu memberi solusi atau ide-ide kreatif dalam setiap permasalahan yang muncul.
Dengan memahami peran mahasiswa dalam pembangunan secara bijak, kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan dapat menuju pembangunan nasional dan regional yang akan kita raih.