Mahasiswa Ideal
Oleh Salamatus Sakdiyah

Di Indonesia, mahasiswa merupakan kaum yang dibanggakan dan dihormati oleh masyarakat. Hal ini mungkin dikarenakan mahasiswa memiliki peran penting dalam kemerdekaan dan dianggap memiliki tingkat intelektual yang tinggi, sehingga diharapkan mahasiswa dapat menjadi mahasiswa ideal yang dapat menjadi aset-aset penerus cita-cita bangsa.
Tapi mahasiswa sekarang apakah masih bisa diandalkan untuk menjadi mahasiswa ideal penerus bangsa? Mengingat mahasiswa sekarang ini mulai mengalami pergeseran nilai dan tujuan. Mahasiswa banyak yang menganggap bahwa kuliah itu yang penting lulus dengan IPK yang bagus dan cepat mendapatkan  pekerjaan. Tidak seperti mahasiswa pada zaman dulu yang lebih senang berurusan dengan birokrasi. ”Sekarang kondisinya sudah lain, tak seperti dulu”. Mungkin inilah yang menjadi trend mahasiswa sekarang.
Meskipun begitu, mahasiswa tetaplah yang menjadi andalan masyarakat luas untuk menjadi penerus bangsa, yang akan membawa kesejahteraan bagi Agama, Keluarga, Nusa dan Bangsa. Untuk itu mahasiswa sudah sepatutnya menjalankan amanah menjadi seorang penerus cita-cita bangsa. Lalu bagaimana seorang mahasiswa bisa menjadi sesosok mahasiswa ideal yang dapat menjadi penerus cita-cita bangsa??
Mahasiswa ideal adalah mahasiswa yang dapat menyadari, memahami, dan menjalankan peran yang diberikan kepada mereka dengan sebaik-baiknya. Adapun ciri mahasiswa ideal adalah sebagai berikut :
1.      Memiliki wawasan yang luas
Mahasiswa ideal diharuskan memiliki wawasan yang luas. Wawasan ini tidak hanya didapatkan saat perkuliahan tetapi juga didapat dari lingkungan sekitar.
2.      Mampu membagi waktu
Seorang mahasiswa diharapkan mampu untuk membagi waktunya, baik untuk perkuliahan, organisasi, hobi, refreshing dan lain-lain. Mahasiswa yang dapat membagi waktunya dengan baik kelak akan mejadi mahasiswa ideal.
3.      Memahami seluk-beluk tempat menuntut ilmu
Untuk menjadi mahasiswa ideal, seorang mahasiswa dituntut untuk mengetahui seluk-beluk tempatnya menuntut ilmu, baik dosen yang, sesama mahasiswa, ruang belajar, fasilitas yang tersedia dan lain-lain.
4.      Pintar, rajin dan aktif
Pintar, rajin dan aktif adalah hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang mahasiswa ideal. Pintar yang dimaksudkan adalah pintar dalam hal mengkondisikan diri dengan sekitarnya. Rajin berarti mengikuti kegiatan yang dipilihnya dengan rajin dan senang hati. Aktif yaitu turut serta dalam kegiatan-kegiatan positif universitas.

5.      Pintar berdiskusi
Tidak hanya mahasiswa ideal, semua mahasiswa harus mempunyai sikap kritis, sehingga dengan sikap kritis tersebut mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan diskusi. Kemampuan berdiskusi akan sangat berguna bagi kehidupan bermasyarakat nantinya.

Jadi apakah Anda sudah menjadi mahasiswa ideal?